Same But Different

{ Posted on 5:43 PM by The Green Family Adventures }
Moth (Ngengat) merupakan keluarga kupu-kupu dari Order Lepidoptera. Banyak orang menganggap serangga ini sebagai kupu-kupu. Namun, ngengat mempunyai perbedaan dari kupu-kupu seperti yang terlihat pada foto. Kupu-kupu memiliki antena yang menggulung, sedangkan ngengat memiliki antena berbentuk seperti bulu pada burung. Kemudian bentuk sayap saat terkatup juga terlihat berbeda dengan kupu-kupu pada umumnya. Jika pada umumnya sayap kupu-kupu terkatup keatas, lain hal lagi dengan ngengat yang sayapnya terkatup melebar kebawah. Ngengat diatas merupakan suborder dari Macrolepidoptera. Penyebarannya meliputi kawasan-kawasan tropis di Asia bagian Tenggara termasuk kawasan tropis di Indonesia.

Serangga ini termasuk hewan nocturnal karena hanya muncul dimalam hari. Jadi, dapat dikatakan hewan tersebut hampir sangat sulit ditemukan pada siang hari. Ngengat jenis diatas dapat ditemukan di kawasan kaki Gunung Sinabung.

Beberapa jenis dari ngengat dapat tumbuh hingga sepanjang 30cm. Seperti Atlas Moth yang ditemukan di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia dan Malaysia. Ngengat tersebut juga terdapat di kawasan Sri Lanka. Karena ukurannya yang sangat besar, Atlas Moth sering dianggap seekor burung yang terbang ketika melintas di pepohonan. Kepompongnya yang berukuran besar juga terlihat seperti sebuah buah yang tergantung di pepohonan. Coraknya yang unik bahkan berfungsi sebagai perlindungan terhadap predator seperti ular yang mencoba memangsanya.

No Response to "Same But Different"

Post a Comment