Tree Frog

{ Posted on 11:33 PM by The Green Family Adventures }

Tree Frog atau katak pohon, berbeda dari kodok. Jika kodok melompat setinggi 10cm, mungkin lain lagi bagi katak pohon. Hewan dari golongan Anura ini mampu melompat hingga 7 kaki atau sekitar 2 meter, bayangkan! Katak pohon merupakan pelompat yang ulung. Mereka melompat dari dahan ke dahan. Warnanya yang mencolok membuat pandangan langsung tertuju ke hewan tersebut jika kita menemukannya di ujung ranting-ranting pohon.

Namun di beberapa kasus hewan tersebut susah untuk ditemukan karena beberapa jenis memiliki warna hijau yang mirip dengan dedaunan. Hasil evolusi yang membuat warnanya menjadi seragam dengan dedaunan membuat predator pemangsan sulit untuk menemukannya.


Daerah penyebarannya meliputi hampir diseluruh benua di dunia. Salah satunya adalah di Indonesia. Indonesia yang dikelilingi oleh hutan hujan tropis merupakan habitat yang cocok bagi hewan ini. Di wilayah Sumatra Utara, tepatnya kawasan hutan Bahorok merupakan daerah yang banyak dihuni oleh jenis katak ini. Walau agak sulit menemukannya, ketika menemukan hewan ini, ia tidak mudah takut dengan pendatang asing, oleh karenanya hewan ini mudah diamati.


Di sepanjang track menuju Goa Patu Rizal maupun Goa Pintu Air merupakan lokasi yang tepat untuk mengamati hewan unik ini. Daerah tersebut memang menyimpan begitu banyak flora dan fauna unik.

No Response to "Tree Frog"

Post a Comment